
Fresh Graduate adalah fase dimana seseorang yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan formal nya pada tahap SMA/SEDERAJAT maupun SARJANA telah memasukki babak selanjutnya, yaitu dunia kerja. Banyak dari anak fresh graduate yang masih bingung akan melakukan langkah seperti apa dalam memasukki dunia kerja, syukurlah bagi mereka yang telah mengikuti program magang merdeka yang diadakan oleh pihak kampus ataupun PKL bagi mereka yang menempuh pendidikan SMK. Nah, berikut merupakan tips & trick bagi kalian dalam memulai karir sebagai seorang fresh graduate.
1. Tentukan Tujuan Karir Jangka Panjang
Biasanya, seorang Fresh Graduate mengalami fase kebingugan ketika mereka telah menyelesaikan jenjang pendidikan formal, baik kuliah ataupun SMA/Sederajat. Alangkah baiknya hadapi hal tersebut dengan tenang, sambil memikirkan bagaimana cara mereka mengolah skill dan pengetahuan yang telah dipelajari semasa sekolah/kuliah, dari situlah banyak karir yang bisa dicoba atau media sebagai mengasah kemampuan serta pengetahuan.
Sehingga ketika mulai memasukki dunia kerja, bisa mengaplikasikan skill dan pengetahuan yang sudah dibekali.
2. Siapkan CV dan Portofolio Sebaik Mungkin
Tampilan CV serta Portofolio yang menarik merupakan salah satu poin plus dimata HRD, karena akan memikat pihak recruiter kepada sang Fresh Graduate. Kata menarik disini bukan berarti kita harus membuat design yang ‘heboh” pada CV dan Portofolio, akan tetapi bisa memudahkan HRD dalam melihat informasi-informasi penting dari sang Fresh Graduate. Seperti misal pencantuman nama, alamat, sosial media, nomor hp, pengalaman organisasi, hingga IPK.
Jadi para pelamar perlu memastikan bahwa di bagian CV sudah termuat informasi tersebut. Visual pun sangat berpengaruh apabila mempergunakan elemennya dengan baik dan tidak berlebihan.
3. Memperbanyak Serta Menjaga Relasi
Relasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam mencari sebuah peluang kerja, terutama untuk seorang Fresh Graduate. Kita tidak akan tau orang-orang yang pernah ada dalam hidup kita akan menjadi seseorang yang penting pada suatu perusahaan, maka dari itu cobalah jalin sebuah hubungan yang baik dengan teman, kerabat atau siapapun itu yang menurut kalian orang yang tepat, jikalau sudah menjalin sebuah hubungan baik, maka jagalah relasi tersebut sebaik mungkin, karena kunci dari langgengnya sebuah relasi adalah menjaga komitmen dan komunikasi yang sudah terbentuk.
4. Adaptasi Adalah Kunci
Salah satu kunci untuk mengembangkan diri, terutama dalam dunia kerja adalah selalu mencoba untuk beradaptasi dengan situasi apapun termasuk dalam situasi yang tidak nyaman atau tidak disukai. Bagaimanapun juga, suka atau tidak suka, dunia kerja merupakan ranah yang sudah tidak bisa disepelekan apalagi hanya untuk main-main, segala profesi pasti akan mengalami struggle nya masing-masing, dan dari situlah kita dapat belajar dalam mengendalikan diri, dan tentunya beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sedang disinggahi.
Tips dalam belajar beradaptasi adalah jalankan komunikasi yang tidak berlebihan, baik dengan atasan maupun teman kerja, lalu pahami scope pekerjaan kalian, jangan bermalas-malasan, jangan juga overlap, karena porsi kerja yang cukup sangat berpengaruh terhadap kesehatan kalian.
Penulis: Saka Candella Seva